PENGEMABNGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM SISTEM E-HEALTH ALODOKTER.COM

PENGEMABNGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM SISTEM E-HEALTH ALODOKTER.COM

A. Pendahuluan

     Media online sangat berperan besar dalam kehidupan manusia, salah satunya dalam meningkatkan layanan kesehatan. Pada era digital, masyarakat pun semakin menyadari bahwa teknologi komunikasi merupakan salah satu alat penting dalam mengatasi cepatnya penyebaran arus informasi. salah satu penelitian yang dilakukan oleh Kreps (2002) mengungkapkan bahwa adanya bukti epidemiologi substansial bahwa adopsi perubahan perilaku spesifik secara luas dapat secara signifikan meningkatkan kesehatan populasi. E-health communication sebagai upaya promosi kesehatan yang dimediasi oleh komputer dan teknologi digital lainnya memiliki potensi besar untuk mempromosikan perubahan perilaku yang diinginkan melalui fitur unik seperti kustomisasi massal, interaktivitas, dan kenyamanan.
     More dan McGrath (2002)n mengungkapkan dalam hasil penelitiannya, industri kesehatan Australia memahami perlunya menggunakan TI dan telekomunikasi dengan strategi e-commerce untuk mengingkatkan layanan hemat biaya kepada para pemangku kepentingan umumnya. Perubahan yang terjadi di industri perawatan kesehatan Australia dipengaruhi eksperimen dalam e-commerce dan berfokus pada Proyek Perdagangan Elektronik dan Komunikasi untuk Perawatan Kesehatan (PeCC). Pengembangan teknologi informasi dan komuniaksi dalam salah satu sistem e-health yang sedang tren di era digital ini yaitu "alodokter.com".
     Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode studi kusus. Adapun teori komunikasiyang relevan digunakan dalam penelitian ini adalah teori Computer Mediated Communication (CMC).

B. Metode
     Mulyana (2008: 201) menyatakan "Studi kasus merupakan uraian dan penjelasan komprehensif mengenai berbagai aspek seorang individu, suatu kelompok, atau organisasi (komunitas), suatu program,atau suatu situasi sosial".

     "Single-case digunakan jika kasus yang diteliti itu merupakan kasus yang ekstrem atau unik, memenuhi semua kondisi untuk menguji teori-teori yang ada, memiliki kesempartan untuk mengobservasi dan menganalisis fenomena yang sebelumnya tidak diselidiki secara ilmiah, sedangkan multiple-case memungkinkan dilakukannya perbandingan diantara beberapa kasus" (Yin: 2003).

C. Teknik Pengumpulan Data
     Teknik pengumpulan data dalam penelitian kuantitatif adalah dengan melakukan observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi.

1. Observasi

     Observasi yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pengamatan. Pengamatan dilakukan dengan cara nonparticipant observasion, terhadap objek yang diteliti yaitu "alodokter.com".

2. Wawancara Mendalam

     Wawancara mendalam yang dilakukan penulis dalam penelitian dimaksudkan untuk mengetahui pandangan, kejadian, kegiatan, pendapat, perasaan dari narasumber. Dalam hal ini, penulis mewawancarai beberapa informan yang aktif menggunakan "alodokter.com" sebagai sumber informasi yang terpercaya.

3. Studi Dokumentasi

     Penelusuran studi dokumentasi dilakukan dengan menggunakan literatur buku, jurnal, dan sumber media lainnya yang relevan dengan penelitian penulis.

D. Hasil dan Pembahasan 
  • Sistem e-Health "alodokter.com"
     Dirilis dari web resmi alodokter, Alodokter menyediakan  konten  kesehatan mengenai berbagai penyakit, obat-obatan, masalah kesejahteraan, dan masalah keluarga. Alodokter menyediakan laman tanya-jawab secara online dengan dokter-dokter Indonesia.

     Situs alodokter pertama kali didirikan pada bulan juli 2014. Sistem alodokter didukung oleh tim dokter dengan spesialisasi yang bervariasi untuk menentukan kualitas medis dari semua informasi di alodokter. Tampilan pada website ini juga sangat menarik dan bervariasi setiap hari.

  • Proses Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi sistem e-health "alodokter.com
  1. Pemilihan para dokter sebagai partner yang memberikan informasi kesehatan dalam sistem e-health "alodokter.com"
     Seorang narasumber mengatakan alasan memilih "alodokter.com" sebagai sumber informasi terpercaya adalah karena adanya narasumber yang kredibel dalam situs alodokter.com. Menu tanya dokter ini merupakan bagian yang sering dikunjungi oleh masyarakat.
     
       2. Pemilihan tampilan dan konten informasi kesehatan yang menarik dan bervariasi dalam sistem e-health "alodokter.com"
     
     Para informan memilih beragam tampilan dan konten informasi kesehatan yang terkini, terakurat, dan terpercaya. Alodokter juga menyajikan konten informasi kesehatan yang beragam dan sangat sistematis, karena diurutkan secara alfabetis.

     3. Sosialisasi layanan informasi kesehatan "alodokter.com" yang berbasis web, media sosial, dan aplikasi dalam googleplay
   
     Dalam situs "alodokter.com", disajikan juga menu pilihan yang memudahkan pengaksesan oleh para pengguna aktif dalam beragam media dan aplikasi, seperti facebook, twitter, google, linked in, dan aplikasi googleplay. Dalam proses ini, sistem e-health juga melakukan pemberian informasi yang berhubungan dengan kebijakan privasi web, informasi yang dikumpulkan, serta penggunaan angket yang disebarkan oleh pengguna sistem e-helath "alodokter.com".

     E-health adalah penggunaan teknologi komunikasi jarak jauh dalam konteks perawatan kesehatan dan pengguna teknologi informasi dan komunikasi berupa internet yang memenuhi kebutuhan warga, pasien, serta ahli kesehatan. E-health lebih berorientasi pada berbagai kemungkinan penyediaan layanan, yaitu menawarkan layanan web, seperti WebMD.com, wEBmd.com menerima jumlah pengunjung yang sangat tinggi. Namun e-health memiliki keterbatasan, diantaranya adalah kurangnya interaksi real-time antara pasien dan penyedia serta tidak dapat diaksesnya e-health oleh sejumlah kelompok yang kurang beruntung dan terisolasi.

     Selain itu, akses e-health terbatas pada kalangan tertentu khususnya bagi mereka yang tidak paham dengan penggunaan kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi. Realitas tersebut juga menggambarkan bahwa proses komunikasi yang terjalin antara pengguna layanan dengan penyedia layanan menjadi sangat terbatas.


  • Pemilihan target kalangan remaja dan dewasa yang dapat mengerti segala ketentuan ketika mengakses informasi kesehatan dalam "alodokter.com
     berdasarkan observasi target pengguna "alodokter.com" adalah kalangan remaja dan dewasa. Alodokter berasumsi bahwa kalangan remaja dapat mengerti segala ketentuan ketika mengakses informasi kesehatan dalam situs "alodokter.com".
     Dalam hasil penelitian Huang (2014) diungkapkan tentang pentingnya pengguanan media sebagai alat bantu promosi atau bagian dari strategi pemasaran dan edukasi pasien melalui video online.

  • Analisis Teori Computer Mediated Communication (CMC)
     CMC adalah proses manusia menyampaikan pesan dengan menggunakan media komputer dan melibatkan seseorang, dalam situasi konteks tertentu untuk membentuk media sebagai tujuan (Thurlow, 2004). Dalam hal ini para pengguna situs "alodokter.com" yang menjalankan komunikasi dengan komunikannya harus melibatkan dua komponen, yaitu komputer dan jaringan internet.
  • Simpulan
     Penelitian ini menggambarkan proses pengembangan teknologi informasi dan komunikasi yang terdapat dalam sistem e-health “alodokter.com”. Dalam penelitian ini diperoleh hasil  bahwa sistem e-health “alodokter.com” merupakan sistem layanan yang menyediakan informasi kesehatan dengan narasumber yang kredibel, yaitu para dokter. Selain itu, “alodokter” juga memberikan fitur layanan chatting dengan dokter umum maupun spesialis. Proses pengembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam sistem layanan informasi kesehatan “alodokter.com” meliputi pemilihan para dokter sebagai mitra yang memberikan informasi kesehatan; pemilihan konten informasi kesehatan yang beragam; sosialisasi layanan informasi kesehatan “alodokter.com” yang berbasis web, media sosial, dan aplikasi dalam googleplay;  dan pemilihan target kalangan remaja dan dewasa yang mengerti segala ketentuan ketika mengakses informasi kesehatan dalam situs“alodokter.com”.





     



Komentar

Postingan Populer