BASIS DATA DML (Data Manipulation Language)

Praktikum 4


 Hai teman-teman kali ini saya masih dengan basis data ya, tetapi kali ini kita akan bahaa tentang DML, apa itu DML?DML merupakan sub perintah dari bahasa  SQL yang digunakan untuk memanipulasi data dalam database yang telah dibuat. Terdapat empat perintah penting dalam DML, yaitu INSERT,SELECT,UPDATE,dan DELETE.


INSERT

Digunakan untuk memasukkan atau input data ke dalam tabel.

Pada contoh berikut saya menggunakan opsi yang ketiga dan seperti ini source codenya yang akan saya masukkan ke tabel pelanggan dengan data inputan dibawah ini :


Diawali dengan :

mysql -u root -p

use kasir;

show databases;

show tables;

kemudian INSERT INTO...



berikut adalah setelah kita memasukan syntax pada record satu sampai empat dan Setelah menuliskan syntax SQL "SELECT *FROM Pelanggan"




SELECT Nama, Pekerja FROM Pelanggan :

" DELETE FROM Pelanggan WHERE Id_Pelanggan = 1; ". Adalah terhapusnya record pertama yang berisi Id Pelanggan, alamat, pekerjaan, no ktp, no telpon dan nama dari Salman. Dan " DELETE FROM Pelanggan WHERE nama = "Fulanah"; ". Hasilnya adalah terhapusnya record ke-empat yang berisi Id Pelanggan, alamat, pekerjaan, no ktp, no telpon dan nama dari Fulanah.


"UPDATE Pelanggan SET Nama = "Aku Cakep" WHERE Id_Pelanggan = 3;
kemudian exit; 
dan selesai.



 Sekian dari saya Terimakasih😁

Nama : RAHMA MILAN SARI
NIM :193100069
Prodi : Sistem Informasi

UNIVERSITAS ALMA ATA YOGYAKARTA

Komentar

Postingan Populer